Jumat, 14 Februari 2014

wolfram mathematica 9 trial gratis 30 hari

Assalaamu'alaikum, Sahabat.
Sekarang aku mulai kenalan dengan banyak bahasa nih. Mulai dari yang mudah n langsung pakai, n gratis selamanya (opensource) seperti scilab, atau yang penuh liku2 seperti ular python tapi pesssaat banget ngembangnya, atau geogebra yang visualnya ndak perlu ragu lagi. Nah, di waktu dhuha ini, pas di waktu ke dua ini, aku dipaksa (dan sebenarnya enak juga sih) buat ngenal satu bahasa lagi. Katanya kalau komunikasi pake bahasa ini bisa lebih mudah. Gampang ke kita n gampang ke dianya, Wolfram Mathematica 9.

Setelah diberitau guruku, mulai deh aku sercing2. Dan langsung dapet e.. Ada banyak link yang bercecer di sana, tapi yang tak liat yang asli dari sumbernya. Iya, yang ini: https://www.wolfram.com/mathematica/trial/. Kalau kita ke situ bisa dapat Software paling anyar dari Wolfram Mathematica 9.0.1 yang gratis tis.. *kokbisaya? Bisa dong, tinggal ngikuti aja yang ada di situ.. ngisi-ngisi apa saja yang mereka mau, salah satu yang penting itu email. Serial Number Key nya akan dikirim lewat email kita.

Nah, sebenarnya yang membuat legal atau ndak legal itu ya Serial Numbernya. Kalau copyan instalasinya tanpa crack itu boleh disebarkan (takira nding). Okay, sekarang kita bisa make gratis software mahal ini sementara (30 hari saja), ndak papa, kan ya legal. Ada ide kreatif dari sahabatku, gampang biar bisa make terus. "Bikin banyak-banyak email aja", celetuknya. Ah.. cerdas banget dia. :D

Sekilas Wolfram Mathematica (aku lebih seneng nyebut 'woma') sudah punya banyak fungsi. Tinggal kita panggil saja dengan perintah yang gampang. Biasanya sih cuma one liner aja. Satu baris perintah uda bisa njalanin macem-macem gitu. Lengkap banget deh fungsinya. (Iya ndak gumun, kan softwarenya ndak gratis, ndak murah lagi, pengembangnya kan ya canggih-canggih. Mereka lebih fokus karena memang digaji untuk itu dan pakar di bidang itu, ya'e lho.. sotoy aku ya?). Terus lagi, nak pas kita bingung, ndak perlu nanya ke gugel dulu. Kita bisa nanya di help nya si woma ini, lumayan lengkap kok. Ada banyak contoh yang bisa diedit-edit dikit dan akan keliatan bedanya. Lebih enak pake contoh sih menurutku. Mesthi yang seneng mathematica n seneng legalitas akan seneng juga mbaca tulisan ini, terus habis ini seneng mbela-mbelain ndownload si woma9 walau beratnya hampir dua giga an. Mesthi masih seneng kok.

Alhamdulillah, selain dhuha, malam, pohon, daun, udara, sekarang nambah lagi, bahasa baru, woma. Semoga berkah dan bermanfaat ilmu kita..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar