Rabu, 04 September 2013

epub dan addon firefox

Di minggu ini, aku mulai lagi belajar tentang sesuatu yang menarik, juga menantang. menguras kembali kerja keras beberapa syaraf yang ada di semua tubuhku. Untuk itu aku mencari buku penunjang yang bisa menambah canggih apa yang ada padaku. Alhamdulillah. Seperti begini yang terjadi.
Sore itu aku mendengarkan apa yang beliau paparkan. Guruku memberitahu judul dan pengarang kitab sakti yang akan ia ajarkan ilmu yang di dalamnya kepada semua muridnya, aku salah satunya. Joel N. Franklin, Matrix theory. Saat itu belum ada kesempatanku untuk mencari. Tapi sekarang aku bisa mencarinya, searching di gugel. dan seperti inilah kira-kira hasilnya.
Mataku langsung tertuju ke daftar ke empat. Baru dua hari yang lalu itu. Tapi ada yang aneh, format filenya .EPUB. biasanya kan pdf. semakin penasaran kan? terus aku download buku itu. ukurannya lumayan besar, sekitar 20 mb. Pas tak lihat requirement pembacanya, adalah epub reader. Apa itu? tambah pengin tau lagi. aku cari-cari juga itu epub reader di gugle, lagi. ada sih beberapa yang sempat aku download, tapi yang lebih menarik ternyata adalah addon firefox. Jan pancen canggih tenan iki firefox ki.. addon-ne uakehe..
Nha, setelah itu tak tekan Menu Firefox, Addon. (bisa juga Alt, Tools, Add-ons), shortcutnya ctrl + shift + A. terus tak cari epub reader. setelah ketemu, aku tekan instal. lalu aku restart firefox. Hasilnya bagus lho..
Pas tak cek ke extensionnya sudah berubah, nambah satu lagi seperti ini lho..
Setelah itu aku buka filenya (yang Matrix Theory.epub) tadi. tak klik kanan, open with, another apps in computer, firefox. Aku nunggu agak lama, sekitar dua puluh detikan lah.. ini kayaknya karena ukurannya besar deh. jadinya seperti ini.
Pas tak lihat-lihat lagi di atas itu, pas di alamat webnya kok tulisannya gini?
chrome://epubreader/content/reader.xul?id=1
wah, berarti itu ada hubungannya dengan google chrome. bisa ya?
Terus di pojok kanan atas, ada ikon buku. nha itu ikonnya epubreader itu, tapi namanya epub catalog. Itu itu semacam buat ngumpulin kalau kita udah mbuka banyak file epub. nanti nambah sendiri di situ.

Selesai. Mudah kan?

Kalau yang levelnya agak menengah boleh juga mbaca yang di bawah ini. Ini untuk nginstall addon secara manual.

Biasanya kalau kita mau ndownload addon kan harus terhubung internet terus kan? iya kalau kita punya paketan internetan, atau kalau pas kita di hotspot gratisan juga. lha kalau ndak pas begitu gimana? sedikit-sedikit ndownload.. bisa kena banyak nih.. ada satu cara yang mudah kita lakukan, yaitu dengan mendownload extensinya, filenya biasanya formatnya .xpi.

contohnya saja epubreader itu. kalau kita ke halaman aslinya, di sini:
http://www.epubread.com/en/


terus kita ke halaman addonnya, kita klik kanan dan kita copy link location, tapi nanti kita potong sampai .xpi saja
jadi alamat lengkapnya bukan begini:
https://addons.mozilla.org/firefox/downloads/latest/45281/addon-45281-latest.xpi?src=dp-btn-primary
tapi jadi begini:
https://addons.mozilla.org/firefox/downloads/latest/45281/addon-45281-latest.xpi
kita copy dari firefox dan paste ke browser lain, seperti internet explorer atau opera, boleh juga chrome. pokoknya yang lain. baru bisa disimpan sebagai satu file. kenapa? karena kalau dari firefoxnya, nantinya malah langsung ada tampilan nginstall seperti ini. dan akhirnya pasti file .xpi nya langsung hilang. makanya ga usah pakai firefox saja biar aman.

Terus kalau sudah punya file .xpi, kita simpan di satu folder di komputer kita. jadi kalau sewaktu-waktu ada masalah, nginstal baru, tinggal kita tambahkan saja addon nya secara manual.
Terus gimana caranya? ndak usah bingung gitu, lihat di sini bisa.
Nginstal addon firefox secara manual ada di sini:
http://www.accessfirefox.org/Install_Addon_Manually.php
kalau mau lihat id beserta nama addonnya, ketikkan ini di alamat browser:
about:support
cara ndownload file yang ekstensinya .xpi, bisa diklik kanan, copy link location. terus dipaste, hapus tulisan sampai .xpi saja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar