Sabtu, 28 April 2012

cara mengopy paste ke drive linux berformat ext2, ext3

Kalau kita ingin mengopy data kita ke drive data di linux, tapi kok tidak bisa? Bagaimana ini? Apa yang kita lakukan?
jangan risau, kawan..

Gimana ya cara mengopy dan paste data kita ke drive berformat ext2, ext3, atau yang lain yang digunakan linux?
Kalau di puppy linux sih tidak ada masalah, karena kita secara default menjadi root. Tapi kalau di ubuntu, tak semudah itu. Untuk itu perlu adanya sedikit rekayasa. Check this out:


Cara lain untuk bisa mengakses ke drive partisi berformat ext2, ext3, ext4, atau yang lain:
  1. ubah menjadi root, melalui console
  2. ubah hak akses drive dengan chmod.
    ketikkan chmod -R 777 /alamat/drive/kita. Contoh: chmod -R 777 /media/oprx
    -R artinya dilakukan rekursif (berulang-ulang) karena drive kita seperti folder, kalau hanya satu file saja tidak perlu menggunakan -R. 777 itu berarti tak hanya kita, tapi orang di luar sana diberikan kewenangan untuk mengakses data kita. Full bgt.
    Angka-angka itu maksudnya adalah seperti ini:
7
Full (penuh, siapa saja boleh mengaksesnya baik kita sendiri maupun misalkan ada orang lain yang menyusup ke komputer kita)
6
Read and write (bisa membaca dan mengubahnya)
5
Read and execute (bisa membaca dan mengeksekusinya: untuk file aplikasi biasanya)
4
Read only (hanya bisa membaca)
3
Write and execute (bisa mengubah dan menjalankan aplikasinya)
2
Write only (hanya bisa menulis saja)
1
Execute only (hanya bisa mengeksekusi saja)
0
None (kosong)

Kok masih sulit memahami ya? Tenang saja, simak saja terus, nanti kan tau maksudnya.
7 = 22 + 21 + 1
4 : read (bisa membaca)
2 : write (bisa menulis)
1 : execute (bisa mengeksekusi)
karena komputer biasa menggunakan bahasa biner.
Untuk di ubuntu, kita bisa mengetahui permission nya di explorer (nautilus) dengan mengeklik view, visible column, kemudian centang permission.


Penjelasan lebih lengkapnya adalah seperti ini.
Angka biner untuk 7 adalah 111
1 yang awal itu adalah read
1 yang tengah itu adalah write
1 yang terakhir itu adalah execute
bisa dilihat di tabel berikut ini.


Arti
Bilangan biner
Bilangan biasa
Read write execute (rwx) 111 4+2+1=7
Read write no execute (rw-) 110 4 + 2 = 6
Read no write execute (r-x) 101 4 + 1 = 5
Read no write no execute (r--) 100 4
No read write execute (-wx) 011 2 + 1 =3
No read write no execute (-w-) 010 2
No read no write execute (--x) 001 1
No read no write no execute (---) 000

Sekarang kita bisa mengopy paste data kita dari manapun ke drive manapun yang kita sukai.
Dahsyat kan linux?
Pakai yang opensource yuk..


sumber:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar