Jumat, 19 Agustus 2016

membuat pet dari ppm ubuntu di puppy linux

Assalaamu'alaikum, Sahabat.. Berikut ini aku bagi cara membuat file .pet sendiri dari file-file .deb yang diunduh lewat ppm (puppy package manager).
Capcus saja langsung..

Pertama, klik kanan di sembarang tempat, pilih setup, puppy package manager.

Akan muncul tampilan seperti ini. Kalau gambarnya kecil, diklik saja biar mbesar sendiri..

Di gambar itu ada tulisan 1, 2, 3, dan 4. Begini maksudnya.

1. Kita cari dulu di kotak entry paket yang mau kita buat .pet nya. Misalnya saja inkscape. Nantinya akan muncul beberapa file yang ada di kotak bawahnya itu.
2. Kita pilih yang inkscape_0.91.
3. Kita ganti tulisan Auto install menjadi Download all (packages and dependencies)
4. Lalu klik Do it untuk memerintahkan ppm melakukan yang kita pengin. :D

Semua file yang kita perlukan (.deb) terdownload di root. Buka rox filernya, arahkan ke /root, biasanya tulisannya kayak gini: ~

Lalu kita buka terminal, shortcutnya adalah ketika kita buka rox filer di /root, tekan tanda (`). Tanda ini ada di sebelah kiri atas, di samping 1 kalau di keyboard. Intinya pokoknya mbuka terminal, arahkan ke /root gitu aja.

Habis itu, masukkan kode ini:

Gambarnya seperti ini

Tiba-tiba dengan sendirinya muncul folder inkscape-0.91. Tenang, ndak usah khawatir. Itu normal kok karena mantra yang tadi kita tulis di terminal..

Selanjutnya buat .pet nya dengan kode ini:


Lalu ada beberapa tulisan, kita bisa membacanya di sana. Untuk gampangnya, kita tekan ENTER kalau dia nanya.

Setelah menekan ENTER di keyboard selama 4 kali (kalau ndak salah..), saatnya kita generate packagenya.. Klik tombol itu.

Habis itu, kita perlu nunggu beberapa saat. Sabar ye..

Daannn.. Jaadi deh!
Alhamdulillah..

Gampang kan?
Coba kita ujicoba yuk..

Seperti ini.
Klik file inkscape-0.91.pet yang sudah jadi tadi, klik Yes kalau ada yang nanya.

Setuju saja, Klik Ok. Nanti lihat di Graphic di klik kanan nya itu

Kayak gini. Klik kanan di tempat kosong.. Graphic, Inkscape. Yeay! Inkscape sudah keliatan di sana! Subhanallah.. Canggih.
  
Nah, ini dia hasil jerih payah kita selama berdetik-detik tadi.. :)

 Guampang banget!
 Kalau ada yang penasaran dengan puppy linux yang aku pakai, boleh dilihat di sini, namanya Limuks-16.08:
http://muktyas.blogspot.co.id/2016/08/limuks-1608.html

Semoga bermanfaat, Sahabat..
:)
Assalaamu'alaikum wa rahmatullaah wa barakaatuh.

Rabu, 10 Agustus 2016

Limuks-16.08

Bismillah.
Assalaamu'alaikum wa rahmatullaah wa barakaatuh.

Silakan dicicipi limuks-16.08, salah satu turunan xenialpup-7.0.1, puppy linux di sini:
https://drive.google.com/open?id=0B-WmUMQtTTUYMmFyaVJWQWhwTDg
atau ke mirrornya, di sini:
https://archive.org/details/Puppy_Linux_Limuks
Aku menggunakan remaster. Agak besar .iso nya, sekitar 298mb.
Itu gambar boot nya.
Kalau yang ini screenshoot tampilan awalnya
 Tampilan canggih limuks

Kelebihannya apa dari puppy linux biasa?
Jawabannya begini:

Ada banyak shortcut yang sudah familiar di kita (pengguna nen ubuntu, linux mint, atau windows) seperti ini.
Tiling window di Limuks gampang banget.


Win + Arah, maka window kita akan nempel ke tepi-tepi layar monitor kayak di linuxmint dan windows.
Win + Ctrl + Arah juga sama kayak di atas, tapi ini defaultnya jwm.
Alt + Ctrl + Arah akan ganti workspace/desktop di sebelahnya, mirip banget dengan ubuntu dan linuxmint.
Shift + Alt + Ctrl + Arah mengakibatkan window fokus kita melakukan teleportasi ke workspace lain.
Alt + Ctrl + T terminal
Win + E kayak windows eksplorer rox filer
Win + Spasi mukstart, ini kereen kalau mau lihat kayak gimana, seperti ini nih..

Bisa nyari aplikasi yang ada di limuks. Langsung ngetik saja di sana. Akan ketemu insyaAllah.. Nyarinya juga bisa berdasarkan Namenya, Execnya, ataupun Commentnya. Persis kayak cinnamon nya linuxmint. Terus hebatnya lagi, bisa hilang kalau ditekan escape di keyboard. Lengkapnya bisa lihat di forum sini:
http://www.murga-linux.com/puppy/viewtopic.php?p=912927#912927

Win + F4 logout, ini sengaja tak buat biar kayak windows, tapi pakai winkey hehe..
Alt + Tab window selanjutnya
Alt + Ctrl + Tab window sebelumnya

Lengkapnya bisa dilihat di /root/.jwm/stickyjwm.

Di rox filer juga, ada shortcut-shortcut ini lho..
Ctrl + Shift + N folder baru, kayak di ubuntu, linuxmint, dan windows
Ctrl + N file baru, memang defaultnya puppy linux kayak gini.. :D
F2 rename
Delete delete file, kalau asli bawaan puppy linux itu ctrl + x. Sengaja tak ganti jadi Delete biar mudah.
Ctrl + T new tab, kayak di ubuntu.. (Ehm, sebenarnya new window sih..)

Tampilannya bagus.
Taskbar atau tray nya mirip kayak cinnamon nya linux mint
Tema gtk nya kayak Windows 8
Tema jwm nya kayak el capitan nya Apple
Pokoknya aik├Žndi (baca: eye candy) banget!


Dan yang ndak kalah pentingnya juga, Limuks ini kan hasil remasteran dari xenialpup yang juga basenya Ubuntu Xenial Xerus. Banyak paket yang sudah jadi, kalau di Ubuntu tinggal kita tulis mantra di terminal, sudo apt install gitu, kita juga bisa njalanin di sini, di Limuks ini. Caranya ada di paragraf setelah ini. Atau kalau enaknya, tinggal download aja file .pet nya dari repoku.

repo nya (paket-paket yang aku compile sendiri dari ppm (puppy package manager)) bisa diunduh di google driveku ini:
https://drive.google.com/open?id=0B-WmUMQtTTUYOFRlb2VVLVlFdVE

Barangkali ada yang pengin mbuat sendiri file .pet dari ppm, bisa ke link ini:
http://muktyas.blogspot.co.id/2016/08/membuat-pet-dari-ppm-ubuntu-di-puppy.html
Semoga bermanfaat, Sahabat.

Kamis, 04 Agustus 2016

Pewarnaan graf dengan python

Bismillah.
Assalaamu 'alaikum wa rahmatullaah wa barakaatuh, Sahabat.
Beberapa waktu yang lalu, sebenarnya sudah dari 2015 aku lihat seperti ini, tapi masih belum di springerlink, sih. Aku lihat lagi di
http://link.springer.com/article/10.1007/s10878-015-9862-1
itu di tahun 2016 ini. Dulu dari google scholar kalau ndak salah. Barangkali ada yang mau gratisnya, silakan unduh di researchgate ini:
https://www.researchgate.net/publication/274076696_A_fast_greedy_sequential_heuristic_for_the_vertex_colouring_problem_based_on_bitwise_operations
Pewarnaan graf menggunakan operasi bit. Canggih banget. MasyaAllah tabarakallah. Walaupun itu ndak diurutkan derajat titiknya, tapi cepet juga kok. Kalau optimalnya, belum tentu sih..
Aku mbuat contoh kasus sekalian programnya dengan bahasa python seperti ini. Siapatau ada yang tertarik.. ^_^

Kita punya graf seperti ini, misalkan.

Kalau pengin tau gimana cara nggambar graf kayak gitu (yang canggih bisa ditarik-tarik kayak jelly) di blog, bisa mampir dulu ke sini:
http://muktyas.blogspot.co.id/2016/08/menggambar-graf-dengan-html5.html
Bisa kita warnai dengan algoritma yang disusun Komosko tadi seperti ini.
Di situ aku juga cerita langkah demi langkahnya lho..

Blok semua script itu, lalu simpan sebagai warnagrafmuks.py. Jalankan dengan python. Semoga bermanfaat, Sahabat. :)
Assalaamu'alaikum..

Menggambar graf dengan HTML5 vis.js

Assalaamu'alaikum wa rahmatullaah wa barakaatuh, Sahabat.
Coba lihat graf ini.

Di tarik-tarik juga boleh. Canggih kan? Mbuatnya gimana ya?
Begini, pas posting, ubah dari compose ke HTML. Lalu tuliskan ini:

Sekarang bisa kah? vis.js di balik semua itu. Javascript itu canggih ya.
Subhanallah..