Minggu, 08 Januari 2017

Muhammad Alif Muktyas

Alhamdulillahi Robbil 'Alamin.

Allah begitu baik kepadaku. Terima kasih banyak, Ya Allah.
Setelah banyak sekali yang Allah berikan untukku, masih ada lagi. Pas di hari Ibu, sekitar setengah empat pagi, dua mata dan seluruh jiwa ragaku ikut menyaksikannya lahir. Maasyaa Allaah.. Perjuangan seorang ibu saat melahirkan itu sangat dahsyat. Rekasane kaya ngana kae. Sahabat, dan aku juga, mari kita lebih berbakti kepada ibu dan bapak kita yuk.

Sore itu aku ke bu bidan esti puji. Beliau menyarankan dibawa ke puskesmas dekat situ, setelah memeriksa awal istriku, terrcinta. Dari puskesmas, alhamdulillah dimudahkan, dapat rujukan ke RSUD. Langsung masuk lewat IGD.

Namanya Anna siapaa gitu. Di sana sudah profesional sekali. Sudah canggih.
Aku, Bapak dan Ibu mertua ikut menemani malam itu. Kami gantian. Aku merasakan perjuangan yang benar-benar jihadnya seorang wanita. Bapak memimpin doa sebelum kami memutuskan mengganti infus dengan yang ada pemacunya. Sedang kami bertiga mengaminkan dengan penghayatan penuh. Doanya singkat dan tepat sasaran. Sama sekali tidak bertele. Kalau ndak salah itu bismillah, sholawat, langsung doanya. Langsung minta ke Allah, Beliau. Ditutup dengan sholawat dan hamdalah lagi. Selama proses menunggu dek Alif lahir, kami berempat dzikir semampu kami. Sholawat sebanyak-banyaknya, mbaca quran, dan doa agar dimudahkan. Juga aku minta doa dari ibu-ibu perawat yang sangat baik di ruang menur itu. Alhamdulillah yang menangani semuanya perempuan.

Jangan dulu ngeden. Padahal sudah mules banget. Alhamdulillah sebelumnya dapat tips dari Bu Elis, salah satu tetangga di kelapa dua yang sudah seperti keluarga sendiri. Ditahan dulu. Jazakumullah khair ya Bu. Sarannya betul-betul membantu.

Alhamdulillah lagi, kira-kira jam setengah empatan dek Alif lahir. Aku menjadi supporter di samping istriku. Kadang-kadang aku minumkan sari kurma yang sudah tak buat di botol aqua besar. Tak minumkan pakai sedotan yang bisa ditekuk melengkung itu. Benar banget, untuk menambah energi pas melahirkan.

Enam hari setelah itu, yaitu pas hari ketujuh dek Alif masuk ke alam dunia ini, pas Rabu, aku dan istri sepakat memberinya nama Muhammad Alif Muktyas. Pagi itu mbah dukun, Mbah Masruri datang lagi. Kali itu tidak hanya memijit, tapi juga mencukur rambut Alif. Alhamdulillah sekitar jam sepuluh daging aqiqah yang sudah dipotong-potong datang. Dimasak ramai oleh keluarga. Pas sore hari sudah matang, berkat yang dicethingi dan dikreseki diantar ke rumah-rumah sambil memberitahu kalau nanti ba'da isya ada syukuran, silakan datang. Pas malamnya Bapak-bapak yang hadir dipersilakan makan prasmanan. Alhamdulillah di sini caranya gitu. Alasannya kalau mbawa berkatnya pas malam setelah ngaji, kemungkinan besar ndak kemakan karena kemalaman sih..

Nah, ada tips yang mau aku bagi untuk para Sahabat yang nyuci popok bekas e'o' nya dedek bayi. Kan banyak ya. Pertama kita pisahkan yang kena e'o' dan yang ndak. Yang ada e'o' nya lebih mudah dibersihkan pakai sabun mandi biasa. Nah, kalau yang lain yang bekas ompol atau yang biasa saja, tinggal direndam pakai deterjen saja. Kan kencingnya bayi itu mbersihkannya sebenarnya tinggal diciprati air saja sudah cukup.

Okay, itu saja dulu ya. Kalau ada yang mau membagi tips dan triknya di sini, silakan saja ya.
Semoga bermanfaat, Sahabat.
:)

Wassalaamu'alaikum wa rahmatullaah wa barakaatuh.

Minggu, 11 Desember 2016

Inkscape banyak file, mushaf Alquran

Assalaamu'alaikum wa rahmatullaah wa barakaatuh, Sahabat.

Inkscape bisa buat ngedit banyak file lho.. Tinggal kita perintah saja. Tips ini sangat membantu pas kita mau ngedit file banyaak tapi dengan cara yang sama semua. Soalnya selain pake gui, inkscape  juga bisa jalan pake command. Di tulisan ini aku mau ngeshare pakai linux. Buat Sahabat yang pake windows atau mac coba juga ya siapatau bisa.

http://dm.qurancomplex.gov.sa/hafsdownload/
Aku ke sini buat ndownload halaman per halaman dari mushaf madina yang baru, formatnya ai. Itu vektor, jadi gambarnya ndak pecah kalau dizum. Adobe ilustrator kayaknya itu pembukanya. Eh, apa corelldraw ya? Mengejutkannya --dan alhamdulillah--, inkscape juga bisa mbaca file itu. Jadi ndak perlu mbayar.

Semuanya kini sudah terbawa di laptop. Sekarang aku buka terminal, terus nulis gini:


Hasilnya, otomatis bisa berubah semuanya dari .ai jadi .svg. Bahkan aku buat script tadi jadi satu file, terus tak jalankan masih dalam layar hitam tanpa X. Bisa jalan juga! Maa syaa Allaah tabaarakallaah.. Canggih!
Kalau pengin sederhananya, download satu file (misalkan 003.ai), coba script ini di terminal, ndak usah pakai for dulu:


Lebih dari itu, aku bisa edit filenya. Gini, maunya aku ngambil hanya fokus ke ayatnya saja di halaman itu, ndak ada framenya, ndak pakai halaman. Aku ungroup, habis itu aku delete yang ndak perlu. Terus aku buat ukuran halamannya pas ke tulisannya saja. Kayak gini:


Kalau Sahabat nyimpen script itu terus dijadikan executable (chmod +x), nanti akan terjadi sesuatu yang ajaib pas dijalankan. Tiba2 inkscape nya mbuka file tadi, habis itu otomatis melakukan perintahnya, terus nutup sendiri. Begituu terus sampai semuanya. Subhaanallaah..

Ilustrasinya begini, ini cuma ilustrasi saja.
Tadinya kayak gini:
Setelah dicrop jadi begini:

Nah, file hasil editannya (pakai script tadi) masih berformat .svg. Jadi masih bener2 bagus banget ndak pecah kabur walaupun dizum sampai maksimal.
Oh ya, kalau ada tips lain yang Sahabat mau bagi, silakan nulis di komentarnya yah..

Semoga bermanfaat, Sahabat.
:)

Kamis, 01 Desember 2016

Ide token listrik chaos

Assalaamu'alaikum wa rahmatullaah wa barakaatuh, Sahabat.

Pak Agung Alfiansyah menyemai ide canggih nya. Kalau ndak salah inget, Beliau pernah pengin mendalami token listrik, cara kerjanya. Pak Nerru juga mberitahu info canggihnya. "Meteran listrik itu kan ndak ada sinyalnya, itu cuma alat pemutus arus. Dari mana jaringan internetnya? Ndak ada." intinya sepertinya begitu yang tak tangkap dari Beliau pas dulu itu. Aku jadi pengin tau juga kayak gimana sebenernya ya? Jadi kepikiran ide sendiri nih..

Selain dua pakar hebat tadi, Pak Suryadi juga salah satu yang jadi inspiratorku, tentang aplikasi dari fungsi komposisi. Nah, buat Sahabat yang sekarang masih belajar ilmu2 matematika yang dasar2, ndak papa semangat aja ya. Ndak perlu tergesa2 pengin tau gunanya buat apa. Aku juga pas dulu belum tau gunanya ilmu2 ini dan itu, tapi alhamdulillah aku menikmati sih ya. Jadi enak2 aja. Ini bukan berarti sekolah itu hanya buat dapat ijazah lalu buat kerja saja. Tapi ada yang jauh lebih dahsyat dari itu, Sahabat. Percaya deh sama aku. Siapatau ilmu2 teori yang saat ini sedang berkembang bermunculan itu, baru bisa terpakai aplikasinya pas beberapa taun lagi. Perkiraanku sih kalau digambarkan grafiknya kayak eksponensial, sumbu X itu waktu, sumbu Y nya teknologi. Ke kanan dikit aja, teknologinya cepet banget naiknya. Ya salah satunya karena sekarang ini kita di masa depan. Udah bisa melipat jarak dan waktu, walaupun belum sempurna sih.

Contoh gampangnya, kita ambil $f(x)=2x-1$. Rekursifnya jadi $x_{i+1}=2x_i-1$. Kalau kita ambil $x_0=2$, nanti ada $x_1=f(x_0)=2x_0-1=2(2)-1=3$. Terus $x_2=f(x_1)=2(3)-1=5$. $x_3=f(x_2)=f(f(x_1))=f\circ f(x_1)=f\circ f \circ f(x_0)=9$. Jadi akan terbentuk barisan $2,3,5,9,17,23,...$. Barisan nya aneh kan? Yang lebih menarik, walaupun sama fungsinya, bisa jadi barisannya beda kalau nilai awalnya beda. Coba aja Sahabat masukkan dengan $x_0=-3$, $x_0=\frac{1}{2}$, atau yang lain, monggo..

Kembali ke fungsi komposisi. Sahabat, kita bisa mbuat barisan bilangan (lebih spesifik lagi barisan bilangan acak) pakai fungsi komposisi. Tinggal kita kasih nilai awal $x_0$ aja. Contoh saja fungsi logistik. Ini sangat sering dipakai mbangkitin barisan acaknya. Fungsi logistik (bahasa luarnya logistic map) itu kayak gini:
$f(x)=ax(1-x)$.
Biasanya $a$ nya dipilih dari 3.8 sampai 4, boleh sampai beberapa belas angka di belakang koma. Sedangkan $x$ nya hanya boleh bilangan pecahan antara nol dan satu, sama juga, boleh ngambil nilai misalkan $x=0.123456789423176$.

Secara rekursif nulisnya jadi begini:
$x_{i+1} = ax_i (1 - x_i)$
Nanti jadi barisan $x_0, x_1, x_2, x_3, ...$

Kaitannya, token listrik itu ada 20 digit. Kalau diliat juga acak juga angka2 nya. Misalkan sekarang kita masukkan kode 1926-1173-3482-9723-0901 bisa saja kita ubah itu jadi nilai $x_0=0.19261173348297230901$. Lalu meteran listrik menghitung nilai $x_1$ dari fungsi logistiknya. Nantinya didapat nilai di belakang koma yang panjang. Misalkan 20 digit pertama untuk yang harganya 10ribu, 20 digit selanjutnya untuk yang harganya 20ribu, dan seterusnya. Atau bisa juga salah satu kombinasi dengan urutan tertentu untuk harga 10ribu, kombinasi lain untuk harga lainnya. Kalau kodenya cocok nanti muncul tulisan benar, dan otomatis meterannya nambah sesuai harga kwh nya. $x_1$ ini lalu dijadikan sebagai masukan yang baru buat ngitung $x_2$ nya. Ya kayak tadi, dikasih nol koma dulu di depannya. Begitu seterusnya. Terus, setauku barisan bilangan acak yang dihasilkan ndak berulang. Bilangan yang udah pernah muncul ndak akan muncul lagi asalkan ngambil nilai awalnya bagus (coba kalau $a=4$ dan $x_0=0.5$ ndak akan ngacak nanti). Karena itu cara ini bisa jadi termasuk OTP (One Time Pad) juga takira.

Logistic map itu cuma salah satu dari banyak chaos map yang ada, tinggal milih map yang ndak berulang aja. Chaos yang ini juga bisa mbuat kepedesan ndak ya? Temannya kecap dong. Bakso n mie ayam jadi semakin mantep.

Itu sih sederhananya yang tak pikirkan.
Subhanallah, Canggih!

Betul banget berarti ya, belajar itu ndak kenal umur, dari kecil ayunan sampai tua sebelum liang lahat. Semoga Allah memberkahi ilmu-ilmu kita, menjadi ilmu yang bermanfaat,
Sahabat.

Wassalaamu'alaikum wa rahmatullaah wa barakaatuh.

Senin, 26 September 2016

Buka Rekening Tabunganku BCA

Assalaamu'alaikum, Sahabat.
Pagi ini aku mbuka rekening baru di BCA. Karena ada pemindahan transferan dari bank internasional lainnya yang lama. Karena mengharuskan BCA, ya aku buat aja. (paham ndak nih?) Pas banget, deket sama tempat aku kerja, baru saja dibuka, tepatnya di depan rumah sakit bethsaida Gading Serpong. Motor aku parkir di bawah. Kayak mall ya.. Belum ada mbayar buat parkir. Masih gratis, Alhamdulillah. Aku masuk dari parkiran langsung ke atas, naik dua lantai. Di sapa oleh bapak-bapak security. Aku mendapat nomer antrian A024. Saat itu tak lihat antriannya baru A022. Yes! Bentar lagi. Aku pandangkan sekitar. Pandanganku terhenti pada air mineral gelasan di atas rak deket tempat koran. Tak tanya dulu ke mbak nya yang di sana. "Oh, silakan diminum, Kak.", kira-kira begitulah yang ku ingat tadi. Dengan ramah dan pasti, aku ambil satu. Tak terasa habis. Aku ditanya sama mbaknya, aku jawab mau mbuka rekening baru yang sama sekali ndak ada biaya administrasinya. Aku bertanya begini kira-kira, "Di sini masih ada TabunganKu kan ya Mbak?" Mbaknya mengiyakan. Lalu dibantu sangat jauh. Baik banget mbak berbaju biru itu. Mau nuliskan macem-macem di form yang ia pegang. Aku sempat mengambil lagi satu gelas lagi. Sedotan yang disolasi di samping air itu tak ambil, lalu kusruput dengan nikmat. Alhamdulillah..

Akhirnya tibalah giliranku. Sengaja aku milih yang ndak ada biaya administrasinya. Pengalaman sebelumnya menjadi pelajaran berharga banget. Karena ndak pernah diisi, rekeningku di bank lain diblokir. Pernah sebelum itu tak lihat saldoku sampai minus. Wow.. Paling aman sebenarnya di bank syariah yang akadnya titip. Jadi ndak ada potongan, ndak ada ribanya juga. Kembali ke alur. Aku dijelaskan panjang lebar oleh mbak-mbak lain berbaju kuning (Eh, kuning kan ya itu warnanya?). Mbak Ana baik, santun, agak menarik, tapi sayang ndak jilbaban. Setelah menjelaskan beberapa hal yang memang benar aku tanyakan, aku putuskan tetap di TabunganKu. Sebenarnya ada yang mirip dengan itu tapi lebih luas aksesnya, yaitu xpresi. Tapi ada potongan lima ribu rupiah per bulan. Ndak enak. Aku tetap di pendirian semula, TabunganKu. Prosesnya agak lama, karena itu Mbak Ana menawarkan, "Kakak mau air mineral gelas atau teh?" Wah, ternyata ada teh juga. Aku milih teh dong.. Gratisan kok. Tak sruput sedikit. Anget, tapi tawar. Gulaku kemasan yang di lepek tak sobek, terus tak tuang ke sana, habis itu tak aduk. Mmm.. Enak lho, wangi. Alhamdulillah..

Setoran awalnya cuma dua puluh ribu rupiah. Tak kasihkan lima puluh ribuan selembar. Nantinya yang tercetak di buku tabungan itu lima puluh ribu, tapi pas diliat di ATM cuma tiga puluh ribu saja. Soalnya ngendap. Materainya enam ribu. Untungnya ada uang lagi. Ini gambar kembaliannya dari mbak Ana. Coba tebak berapa uang yang aku serahkan ke mbak Ana untuk mbayar materai?
Dua puluh menitan waktu berlalu, alhamdulillah aku punya buku tabungan dan ATM BCA sekarang. Semoga barokah. Rencananya kalau ada uang masuk ke rekening ini (yang tak coret-coret hitam di bawah ini) langsung mau tak pindahkan ke BNI Syariahku. Biar tenteram dan semoga ndak ikut kena ribanya. NGEri baNGET soalnya adzabnya. Begini,


وَأَحَلَّ اللَّهُ الْبَيْعَ وَحَرَّمَ الرِّبَا
Padahal Allah telah menghalalkan jual beli dan mengharamkan riba.” (QS. Al Baqarah: 275)

Itu di Alquran. Ssalahh satu dosa besar, itu ternyata. Kalau aku, aku ndak mau ke neraka, Sahabat. Haditsnya begini,
Dari Abu Hurairah, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
« اجْتَنِبُوا السَّبْعَ الْمُوبِقَاتِ » . قَالُوا يَا رَسُولَ اللَّهِ ، وَمَا هُنَّ قَالَ « الشِّرْكُ بِاللَّهِ ، وَالسِّحْرُ ، وَقَتْلُ النَّفْسِ الَّتِى حَرَّمَ اللَّهُ إِلاَّ بِالْحَقِّ ، وَأَكْلُ الرِّبَا ، وَأَكْلُ مَالِ الْيَتِيمِ ، وَالتَّوَلِّى يَوْمَ الزَّحْفِ ، وَقَذْفُ الْمُحْصَنَاتِ الْمُؤْمِنَاتِ الْغَافِلاَتِ »

“Jauhilah tujuh dosa besar yang akan menjerumuskan pelakunya dalam neraka.” Para sahabat bertanya, “Wahai Rasulullah, apa saja dosa-dosa tersebut?” Beliau mengatakan, “[1] Menyekutukan Allah, [2] Sihir, [3] Membunuh jiwa yang diharamkan oleh Allah kecuali dengan alasan yang dibenarkan, [4] Memakan harta anak yatim, [5] memakan riba, [6] melarikan diri dari medan peperangan, [7] menuduh wanita yang menjaga kehormatannya lagi (bahwa ia dituduh berzina).” (HR. Bukhari no. 2766 dan Muslim no. 89)

Lebih jelasnya, coba aja searching google tentang dosa riba. Salah satunya ini nih, https://rumaysho.com/358-memakan-satu-dirham-dari-hasil-riba.html  


Daripada ke neraka, mending ke surga. Nah, ada tips menarik yang kukira kita sudah hapal di dalam kepala doa ini. Doa yang bisa membuat Allah membukakan pintu surga. Begini haditsnya,

وَعَنْ عُمَر بْنِ الخَطَّابِ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ عَنْ النَّبِيِّ صَلّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ :
مَا مِنْكُمْ مِنْ أَحَدٍ يَتَوَضَّأُ فَيُبْلِغُ أَوْ فَيُسْبِغُ الوُضُوءَ ثُمَّ قَالَ : أَشْهَدُ أَنْ لَا إِِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيْكَ لَهُ، وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُولُهُ، إِلاَّ فُتِحَتْ لَهُ أَبْوَابُ الجَنَّةِ الثَّمَانِيَةُ يَدْخُلُ مِنْ أَيِّهَا شَاءَ .
رَوَاهُ مُسْلِمٌ
وَزَاَد التِّرْمِذِيّ : اللَّهُمَّ اجْعَلْنِي مِنَ التَّوَّابِيْنَ وَاجْعَلْنِي مِنَ الْمُتَطَهِّرِينَ.

Dari Umar Ibn al-Khaththab ra. dari Nabi saw. bersabda:
Tiada seorang pun dari kalian yang berwudhu' lalu ia menyempurnakan wudhu'nya, kemudian mengucapkan: Asyhadu alla ilaha illallah wahdahu la syarika lah, wa asyhadu anna Muhammadan 'abduhu wa rasuluh, melainkan dibukakan untuknya delapan pintu surga. la diperbolehkan masuk dari pintu mana pun yang dikehendaki.
(HR Muslim)
al-Tirmizi menambahkan ucapan di atas dengan: Allahummaj'alni minat tawwabina waj'alni minal mutatthahhirin, artinya: Ya Allah, jadikanlah aku termasuk golongan orang-orang yang bertaubat dan jadikanlah aku termasuk golongan orang-orang yang bersuci.


Tuh, kan? Dibukakan delapan pintu surga! Boleh masuk dari mana saja. Padahal dengan cuma mbaca gitu aja. Ringan banget lho.. 

Semoga bermanfaat, Sahabat.
Assalaamu'alaikum wa rahmatullaah wa barakaatuh.